Review masa pemerintahan putra sang fajar



Nama : pika Meilani

Kelas : IX C

Judul buku : masa pemerintahan putra sang fajar

Penulis : Sari pusparini soleh

Penerbit : PT remaja rosdakarya & yayasan bung Karno

Jumlah halaman : 56

Waktu membaca : 1 Minggu






Daya tarik, intisari,  amanat, hikmah

-DAYA TARIK

Karen banyak hal yang dapat diteladani dari perjalanan putra sang fajar ini.

-INTISARI

Marebut irian barat

Siapa yang tak kenal bungkarno?

Semua orang tahu, bung Karno adalah seorang proklamator kita yang menjadi persiden RI. Bung Karno telah berjasa mengantarkan bangsa insonesia ke gerbang kemerdekaan, 17 Agustus  1945. Bung Karno lah penyambung lidah rakyat Indonesia. Namun bagaimana perjuangan hidup bung Karno dari masa kecilnya sampai menutup mata

Masalah ini pun diungkapkannya dalam konferensi gerakan Non-blok di Beograd pada 1961. Konferensi ini merupakan pengembangan gagasan dari konferensi Asia -afrika pada 1955.

Prinsip Nasakom pun dijadikan sebagai tiang kehidupan kenegaraan. Semua lapis pemerintahan harus membayangkan kesatuan "nasionalisme, komunisme, dan agama ". Maka, Soekarno, sang Presiden, pun bukan saja "wakil rakyat " yang autentik, tetapi juga menjadi sumber kebijaksanaan dan nilai bangsa. Pengangkatannya sebagai Presiden Seumur Hidup oleh MPRS adalah keharusan logika biasa saja. Maka, biarlah para ahli mempertanyakan, "Apakah Soekarno telah menjalankan sistem monarki di sebuah negara republik "

Di bawah Demokrasi Terpimpin, semua pemberontakan dapat diakhiri. Meski dengan biaya ekonomi luar biasa, nasionalisme-negara yang radikal berhasil mengakhiri dominasi ekonomi Belanda dan merintis jalan terselesaikannya masalah Irian Barat. Setelah beberapa bulan di bawah PBB, Irian Barat diserahkan di bawah pengawasan Indonesia sampai nanti, tahun 1969,

Mengenang bung Karno adalah ibarat menikmati rangkaian konser besar klasik. Penuh harmonis, di Sergai nuansa keindahan karya besar seorang komponis . Dunia mengenalnya sebagai seorang proklamator sekaligus presiden pertama RI. Seorang pencinta seni dan keindahan. Seorang orator yang sampai abad ke -21 pun kharismanya belum tertandingi. Dialah putra sang fajar yang terbit di kala pagi, trik di kala siang, dan terbenam di kala senja.

Bung Karno tak hanya potret hitam- putih, tetapi mampu menjadi warna- warni pelangi yang megah. Ia meraih mimpinya dari nol besar. Masa kecilnya kelam. masa remajanya kelabu .masa tuanya hitam, meninggalkan banyak misteri.

Bung Karno tidak saja tumpuan rakyat Indonesi, tetapi tumpuan negara Asia - Afrika. Di pundaknya terpukul segala rasa untuk merdeka. Hanya selangkah dari perjuangan seluruh rakyat, bung Karno melanjutkannya dengan proklamasi kemerdekaan RI dan menjadi seorang pimpinan besar, seperti yang diramalkan banyak orang. Ia juga tokoh besar Asia - Afrika .ia sempat menghirup masa keemasan, walaupun pada akhirnya hidupnya diguncang prahara, bahkan sampai menutup mata. 

Presiden pertama Republik Indonesia Sukarno juga memiliki julukan lain, yakni Putra Sang Fajar. Julukan ini diberikan oleh sang ibu, Ida Ayu Nyoman Rai.

-AMANAT

Harus menjaga solidaritas internasional

-HIKMAH

adalah mengembangkan solidaritas internasional demi melawan penindasan oleh negara maju serta telah menjadi inspirasi bagi rakyat Afrika Selatan dalam melawan penjajahan dan membebaskan diri dari apartheid, dan kita dapat merasakan kemerdekaan sampai saat ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer